Welcome


Kamis, 16 April 2009

Hasil Raihan Suara Pemilu 2009 di Kab. Bandung dan Bupati Bandung 2010, Siapa?

Oleh AEP S. ABDULLAH

PASCAPEMILU 2009
yang paling menarik dibahas di Kab. Bandung adalah siapa yang akan menjadi Bupati Kab. Bandung pada Pemilihan Bupati (Pilbup) tahun 2010. Pertanyaan ini pantas dilontarkan karena Bupati Bandung H. Obar Sobarna, tahun depan akan habis masa jabatannya. Sejauh ini baru satu nama yang menyatakan diri siap untuk menjadi Bupati Bandung 2010 yakni ketua DPC PDIP Kab. Bandung - yang sekarang ini juga sebagai Plt. Ketua DPC PDIP Kab. Bandung Barat - yakni H. Yadi Srimulyadi. Yang lain belum nampak, atau lebih tepatnya masih remeng-remeng.
Yadi pantes mengungkapkan keinginannya itu karena ia sudah "wareg" menjadi Ketua DPRD Kab. Bandung, Anggota DPRD Jabar dan Wakil Bupati Kab. Bandung. Terlebih putrinya Nia Purnakania, S.H., M.Kn. yang menjadi Caleg untuk DPRD Jabar 2009-2014 hingga Kamis (15/4), menjadi caleg yang paling kenceng mengumpulkan suara dibandingkan dengan caleg-caleg lainnya dari Dapil Jabar 2 partai berlambang banteng bermulut putih tersebut. Nia, alumnus STHB dan Megister Kenotariatan Unpad itu diperkirakan akan menjadi caleg yang pertama lolos duduk di kursi DPRD Jabar.
Tinggalah Wabup yang berpenampilan agak cuek ini menjalani hidup lebih rileks. "Jelema mah geus aya garis hirup di Lauh Mahfudzna. Jadi kunaon kudu hariwang ngajalanan hirup kahareup, jalanan we, da geus waktuna mah nepi," ungkapnya saat berbincang di salah satu rumahnya di Komplek Batununggal yang dijadikan Posko Pemilu 2009 tersebut.
Kalau Yadi jadi maju, ia menimbang-nimbang kemungkinan berpasangan dengan kandidat dari partai golkar atau partai lainnya. Untuk Golkar, ada dua nama yang menurut Yadi siap bersanding dengannya yakni H. Rusna Kosasih dan H. Dadang Rusdiana. Kalau H. Dadang Nasser? "Ah, itu mah teu mungkin. Pokokna teu mungkinlah jeung Nasser mah," ungkapnya meyakinkan. Bener nich?
Namun tidak menutup kemungkinan PDIP berkoalisi dengan partai lain umpamanya dengan Partai Demokrat sebagai partai pemenang Pemilu 2009, meski ia kemudian menepis kemungkinan tersebut. "Tapi alus lamun jeung partai demokrat nu jadi lawanna mah. Keun we Haji Achmad senah nyalonkeun jadi bupatina, " ujarnya sambil tersenyum.
Sementara H. Achmad sendiri ketika disampaikan hal tersebut tersenyum pula. Bahkan ia menanyakan lokasi Posko PDIP yang ada di Komplek Batununggal tersebut. "Nu dimana nya Poskona teh. Pak Yadi sigana mah aya diditu wae nya, jarang ka kantor. Engke ka rumahna ah hayang ngobrol geus lila," ungkap mantan Kadisdik saat bertemu di Kantor Kecamatan Baleendah, Kamis (15/4).
Sedangkan dari hasil perhitungan sementara, hingga Kamis kemarin, Partai Demokrat di Kab. Bandung sudah "aman" mengantongi 9 kursi dan diperkirakan akan terus naik hingga 15 kursi. Selain H. Achmad yang sudah aman dengan raihan suara pribadinya sudah mencapai 11.000 lebih, juga Ketua DPC Partai Demokrat Kab. Bandung H. Toto.
Sementara PDIP diperkirakan akan mengantongi 7-8 kursi, diantara nama-nama yang sudah dianggap "aman" yakni Edi Hidayat, (Sekretaris DPC PDIP Kab. Bandung), Tony (Div. Pembelaan Hukum DPC PDIP Kab. Bandung) dll. Sedangkan Partai pemenang Pemilu 2004 Partai Golkar diperkirakan anjlok menjadi 8-9 kursi saja. Diantara nama-nama yang akan duduk sebagai anggota DPRD Kab. Bandung dari parpol tersebut yakni Hj. Hadiani (Neneng-istri Kepala Bagian Umum Pemkab. Bandung H. Akhmad Johara), H. Firman B. Sumantri (Putra Mantan Bupati Bandung H. Lili Sumantri), H. Daud Gunawan, H. Dadang Supriatna, H. Sugianto (Sugih). Dari PKB satu kursi diperkirakan sudah masuk yakni putranya Alm. Ali Imron (Mantan Pimpinan Ponpes Baitul Arqom), Cep Didih. Untuk PKS, kemungkinan H. Totong Palgunadi kembali duduk di kursi dewan meski raihan suara di daerahnya sendiri jeblok.
Bagaimana formasi dan kinerja anggota DPRD Kab. Bandung periode 2009-2014? Tentu kita berharap komitmen Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memberantas korupsi dan lebih mendengar suara rakyat bisa benar-benar dimplementasikan oleh mereka-mereka yang telah dipercayakan oleh rakyat untuk mewakili aspirasinya. Mudah-mudahan, mereka tidak lupa pada janji-janji yang pernah diucapkannya. ***

1 komentar:

  1. sapertosna pami Pa Yadi calon Bupati kanggo calon Wakil Bupati na Pa Dadang Rusdiana, jiga na pas tah

    BalasHapus